Membuat Kompos dengan menggunakan Tong Komposter

Pembuatan Pupuk Kompos dengan Tong Komposter oleh Siswi Kelas VIIIA

Sampah adalah permasalahan yang paling sering muncul di Sekolah. Sampah bisa dihasilkan oleh warga sekolah sendiri melalui konsumsi sehari-hari, bisa juga muncul secara alamiah seperti daun-daun yang berguguran. Sekolah Adiwiyata diharuskan memiliki pohon peneduh yang banyak, yang tentunya juga akan menghasilkan sampah daun yang banyak pula. Namun sampah daun bukanlah sampah yang merugikan. Sampah daun adalah sampah yang sangat bermanfaat bila dijadikan pupuk kompos. Nah bagaimana caranya membuat pupuk kompos dari sampah daun? Caranya sangat mudah.
Yang perlu kita persiapkan adalah sampah daun yang dipotong kecil-kecil. Apabila tidak memiliki mesin pencacah, kita bisa menggunakan gunting dengan cara manual. Kemudian larutan em4 yang telah dicampurkan gula dan air. Untuk perbandingan setiap 1 tutup botol em4 ditambahkan 50 gr gula lalu dilarutkan dalam 1 liter air. Jumlah larutan yang harus kita persiapkan tergantung jumlah daun yang mau kita buat kompos. Kita masukkan daun yang telah dicacah ke dalam komposter, lalu disiram larutan em4 sampai merata. Setelah itu kita tutup rapat. Proses pengomposan berlangsung 7-14 hari. Pada hari ke5 kran bagian bawah komposter dapat dibuka untuk mengeluarkan cairan. Cairan ini adalah kompos cair. Sedangkan sampah yang kering akan menjadi kompos kering. Cukup mudah bukan?

Daun yang sudah dicacah dicampurkan dengan larutan EM4 dan diaduk supaya larutan tercampur dengan semua bahan

Share on Google Plus

About SMPN 1 Bakarangan

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.

0 komentar:

Posting Komentar

Silahkan tinggalkan Komentar dan kesan anda.
Terima kasih telah mengunjungi blog kami